Ad

Saturday, February 9, 2013

Amankah Pengantin Baru Langsung KB ?


Program Keluarga Berencana (KB) atau alat kontrasepsi pada umumnya tidak akan menyebabkan Anda dan pasangan kesulitan hamil nantinya, kecuali jenis KB yang Anda gunakan adalah kontrasepsi permanen seperti vasektomi (pemotongan/pengikatan saluran sperma) atau tubektomi (pemotongan/pengikatan saluran indung telur).

Jenis KB atau kontrasepsi seperti kondom, pil KB hormonal, spiral atau IUD, maupun suntikan KB hormonal secara berkala, tidak akan menyebabkan Anda dan pasangan kesulitan mempunyai anak saat alat KB tak lagi dipakai. Sebagai kontrasepsi, alat KB juga efektif karena angka kegagalannya hanya sebesar 1-2 persen.

Tidak ada cara lain untuk menunda atau menghindari kehamilan yang lebih efektif selain dengan kontrasepsi yang telah disebutkan di atas. Cara “alami” seperti pantang berkala (metode kalender) atau senggama terputus (ejakulasi dilakukan di luar vagina) tidak pula efektif, karena memilki angka kegagalan yang cukup tinggi yaitu sekitar 15-27 persen. Untuk menghindari kehamilan secara 100%, satu-satunya cara adalah dengan cara “abstinence” atau dengan tidak melakukan hubungan seksual sama sekali, yang sulit dilakukan jika Anda dan pasangan sudah menikah.

Apabila Anda masih ragu dengan pilihan metode kontrasepsi mana yang harus dipilih dan ingin berkonsultasi lebih jauh tentang kenyamanan pemakaiannya, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter atau bidan mengenai jenis KB yang paling cocok bagi Anda dan pasangan.

source: www.MeetDoctor.com

Semoga Bermanfaat...

Indahnya Berbagi....

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar Anda dengan menjaga etika. Terima kasih