Ad

Friday, February 15, 2013

Pantai Jati Malang Kini

Kolam Renang Swadaya Warga Menambah Daya Tarik 


foto: ilustrasi

Pantai Jatimalang di Desa Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Purworejo, Jawa Tengah merupakan satu-satunya kawasan wisata bahari yang menjadi andalan Kabupaten Purworejo. Dibandingkan dengan objek wisata lainnya, kunjungan wisatawan ke Pantai Jatimalang merupakan yang terbanyak sepanjang tahun.

Pemerintah setempat juga mulai memberikan perhatian terhadap pembangunan kawasan pantai ini. Sejumlah fasilitas dibangun, seperti jalan paving, kegiatan penghijauan, pembangunan gazebo dan terakhir pembangunan pasar ikan yang menjadi tempat penjualan hasil tangkapan nelayan di samping juga ketersediaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) yang sudah dibangun lebih dahulu melalui bantuan dana alokasi khusus (DAK) Kementrian Kelautan.

Kunjungan wisatawan semakin ramai setelah sejumlah warga yang memiliki modal melakukan investasi dengan membangun kolam renang secara swadaya. Awalnya kolam renangnya insidental menggunakan plastik terpal dengan menggali pasir dipantai.

"Karena banyak wisatawan yang suka akhirnya dibangun semi permanen," imbuh salah seorang warga.
Setidaknya ada 4 kolam renang yang dibangun warga secara swadaya. Setiap hari libur kolam renang ini sangat ramai oleh anak-anak yang memanjakan diri bermain air.

Warga melihat pantai yang ombaknya cenderung besar berbahaya jika anak-anak bermain. Sementara hasrat untuk bermain air oleh para wisatawan sering tak terbendung. "Kolam renang ini untuk mewadahi anak-anak bermain air" ujar salah satu pengelola kolam renang.

Kendati bentuknya yang masih sangat sederhana, tapi kolam renang yang dibangun secara swadaya itu cukup menjadi daya tarik yang berkontribusi terhadap peningkatan kunjungan wisata. Para pengelola kolam renang mematok tarif sewa Rp 4000 sepuasnya.

Pengelola juga menyediakan ban apung aneka bentuk, termasuk air mancur  dan papan seluncur yang menambah daya tarik. Serta tempat bilas yang dipatok tarif Rp 2000/orang.

Disamping itu bisa membuat para orang tua lebih tenang membiarkan anaknya bermain air. Dan bisa mengawasi sambil menikmati makanan yang disediakan diwarung yang ada disetiap pinggir kolam renang itu.


Semoga Bermanfaat......

Indahnya Berbagi.........
http://kantorinformasi.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Silahkan tulis komentar Anda dengan menjaga etika. Terima kasih